Kamis, 20 Desember 2012

Merawat Mesin Motor



Merawat Mesin Motor
Banyak orang sudah menyadari begitu penting sebuah mesin sepeda motor, tapi sangat disayangkan tidak semua orang bisa memperbaiki mesin motor, Biasanya masalah mesin motor ini sangat sulit untuk seorang pengendara wanita. Terkadang pengendara motor seorang wanita hanya bisa mengendarai saja jarang mereka yang mengerti jika ada masalah dengan motornya. Maka anggapan pengendara seorang wanita jika kondisi motor masih bisa digunakan bahwa motor tersebut masih dalam keadaan bagus.

Bahkan ada juga yang selalu mengandalkan orang lain dalam merawat mesin motor. Ujung-ujungnya pasti motor yang bermasalah akan dibawa kebengkel. Maka dari itu tidak jarang sebuah motor dalam kondisi bisa parah seketika masuk ke bengkel karena kurangnya perawatan pada kendaraan tersebut.

Ada cara bagaimana cara menangani masalah pada mesin motor ini. Paling tidak kita harus bisa mengerti bagaimana cara kita untuk bisa merawat mesin motor tersebut. Dengan merawat motor saya bisa bermanfaat untuk memperpanjang usia motor.
Ada beberapa hal yang harus dikerjakan diantaranya adalah:
  1. Perhatikan penggantian oli mesin. Sebaiknya, oli mesin diganti setiap 3.000 kilometer. Selain itu, apabila ada kebocoran oli, sebaiknya harus sering diperiksa jumlah oli yang masih ada di dalam mesin. Jangan sampai oli di dalam mesin habis sama sekali karena bisa menyebabkan mesin menjadi panas.
  2. Sebelum digunakan, panaskan mesin terlebih dahulu. Hal ini berfungsi untuk mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin motor. Jangan menarik gas pada saat memanasi motor, dan biarkan dalam posisi stasioner.
  3. Hindari mengubah komponen mesin dengan komponen yang tidak disarankan oleh pabrik. Hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan dan bisa memperpendek usia mesin motor apabila perubahan yang dilakukan tidak tepat.
  4. Gunakan bahan bakar yang beroktan tinggi. Selain untuk menyempurnakan pembakaran, bahan bakar beroktan tinggi bisa menjaga kebersihan mesin dari sisa pembakaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar