Mesin Motor
Satria Fu Cepat Panas
Ini saya alami sendiri waktu pertama kali si satria FU datang dari dealer. Tanpa basa basi, Langsung saya nyalain trus bawa jalan jalan keliling komplek. Eh..paling baru sekitar 1 km, hawa panas mesin terasa sekali sampai ke kaki. Padahal biasanya mocin kasea saya gak secepat ini panasnya deh.. (ya iyalahhh…mocin 100cc gitu dibandingin ama FU..xixi)
Buat anda yang juga baru punya FU, apalagi yang tadinya biasa bawa bebek < 150cc, jangan merasa aneh ato khawatir dengan panas mesin FU. Juga tak perlu panik terus latah ikut-ikutan beli busi tipe dingin dengan harapan mesin jadi lebih dingin. Bukannya adem malah fu anda jadi susah idup nantinya, busi gampang koit, dompet pun kempes karena keseringan beli busi baru..hehehe.
Ini saya alami sendiri waktu pertama kali si satria FU datang dari dealer. Tanpa basa basi, Langsung saya nyalain trus bawa jalan jalan keliling komplek. Eh..paling baru sekitar 1 km, hawa panas mesin terasa sekali sampai ke kaki. Padahal biasanya mocin kasea saya gak secepat ini panasnya deh.. (ya iyalahhh…mocin 100cc gitu dibandingin ama FU..xixi)
Buat anda yang juga baru punya FU, apalagi yang tadinya biasa bawa bebek < 150cc, jangan merasa aneh ato khawatir dengan panas mesin FU. Juga tak perlu panik terus latah ikut-ikutan beli busi tipe dingin dengan harapan mesin jadi lebih dingin. Bukannya adem malah fu anda jadi susah idup nantinya, busi gampang koit, dompet pun kempes karena keseringan beli busi baru..hehehe.
Sistem pendinginan Satria
FU (SACS) memang sangat bergantung pada adanya aliran udara yang masuk melalui
sirip sirip oil cooler, aliran udara ini kemudian digunakan untuk
'mendinginkan' oli yang disirkulasi melalui jalur oil cooler. Jadi wajar kalau
dibawa jalan pelan atau macet, tiupan udara/angin kurang, terasa sekali suhu
mesin nya cepat meningkat drastis. Meski selama saya memakai FU belum pernah
sampai mengalami overheat, tapi sengatan hawa panas ini memang mengganggu
kenyamanan berkendara.
Terkait keluhan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu menjaga suhu mesin supaya tidak terlalu panas:
Terkait keluhan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu menjaga suhu mesin supaya tidak terlalu panas:
·
Kualitas dan Kuantitas Oli Mesin
Salah satu fungsi penting
Oli mesin adalah sebagai pendingin untuk menyerap dan mentransfer panas didalam
mesin. Juga sebagai pelumas yang melapisi gesekan antar part didalam mesin yang
pastinya menimbulkan panas, misalnya antar ring/piston dengan liner silinder.
Oli standar pabrikan untuk FU adalah SGO, oli mineral base dengan kekentalan
/viksositas SAE 20w-50. Namun untuk Satria FU saya lebih menganjurkan tipe semi
sintetik atau sekalian full sintetik jika memang budget anda mencukupi, dengan
SAE 15w-50 atau 10w-40 yang lebih encer. Kelebihannya, pada suhu dingin
-misalnya pada saat pagi-pagi- SAE ini lebih mudah dan cepat bersirkulasi. Dan
pada suhu panas juga tidak gampang mengental sehingga tetap mudah bersirkulasi
mentransfer panas mesin dan sanggup menjangkau celah-celah sempit didalam mesin
FU.
Untuk menjaga kualitas
oli, gantilah Oli dan dan Filter Oli secara teratur sesuai anjuran. Setiap merk
berbeda beda, tapi biasanya untuk semi sintetik idealnya setiap 2500km. Filter
Oli berfungsi untuk menyaring kotoran/gram yang larut di oli. Ganti filter oli
setiap 3x pergantian oli.
Untuk kuantitas oli, rutin cek jumlah /takaran oli didalam mesin melaui kaca intip yang tersedia dibawah selahan/kick starter, karena tipe oli encer 10w-40 memang lebih mudah menguap dibanding tipe 20w-50. Siapkan cadangan oli tambahan untuk antisipasi jika volume oli didalam mesin banyak berkurang/ dibawah garis batas tengah.
Untuk kuantitas oli, rutin cek jumlah /takaran oli didalam mesin melaui kaca intip yang tersedia dibawah selahan/kick starter, karena tipe oli encer 10w-40 memang lebih mudah menguap dibanding tipe 20w-50. Siapkan cadangan oli tambahan untuk antisipasi jika volume oli didalam mesin banyak berkurang/ dibawah garis batas tengah.
·
Rawat kondisi oil cooler
Kisi2/sirip oil cooler
yang rusak berat/bengkok2 atau kotor dpt mengurangi kemampuan pendinginannya.
Kisi2 ini memang gampang penyok, biasanya karena semprotan air tekanan tinggi
saat dicuci steam. Untuk mengurangi resiko penyok, anda jg bisa menggunakan
cover/pelindung oil cooler yang banyak dijual di toko aksesoris motor. Atau
kalo anda rajin ya biasakan cuci sendiri FU anda biar lebih aman, hehe.
·
Jaga kondisi kebersihan mesin
Terutama blok mesin dan
sirip siripnya, karena fungsinya cukup penting untuk melepas panas dari mesin
ke udara luar. Kotoran, lumpur, atau kerak yang menempel di bagian luar mesin
dapat menghambat pelepasan hawa panas. Jadi cuci/bersihkanlah motor secara
teratur. Motor bersih, panas stabil, performa terjaga.
·
Tambahkan Aksesoris pembantu pendinginan mesin -bila perlu-
Beberapa aksesoris lain
jg dapat ditambahkan untuk membantu menjaga menjaga suhu mesin tetap stabil.
Misalnya kipas tambahan yg dipasang di oil cooler untuk membantu pendinginan
oli, atau selang hawa tambahan yang dipasang di lubang pengisian oli & lubang
intip magnet untuk membantu mentransfer hawa panas dari dalam mesin ke udara
luar. Tapi kalo dirasa repot ya gak usah jg gpp, cukup utamakan point 1-3 saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar